Jumat, 10 Januari 2014

Chocolate Cake with Strawberry Mousse filling

Well...heloooooo there ! Ini update-ku yang pertama di tahun 2014 setelah entah berapa bulan nggak ngintip blog sama sekali #tutupmukapakeloyang. Sudah bikin janji sama diri sendiri, nggak ada lagi malas update blog! Sooo...here we go!
Order pertama di awal Januari 2014 ini adalah dari Aimee. Nona cantik ini sudah beberapa kali repeat order dan biasanya pesan Red Velvet cupcake, Kali ini Aimee kirim sebuah foto cake via bbm, dan tanya "Tante, kalo bikin yang seperti ini repot nggak"....hehehehe....
Cake yang di request (nggak tau dari mana source-nya) terdiri dari 3 layer cake berwarna red-ish atau kemerahan (tapi bukan RVC) dan ada 2 layer mousse warna pink diantaranya. Jadi aku coba bikin steam sponge cake ditambah sedikit pewarna merah lalu fillingnya aku buatkan strawberry mousse. Contoh cake yang dikirim Aimee nggak pakai dekor sama sekali. Cuma dikasih hiasan bunga gum paste aja diatasnya.

Be te we...it's my 1st trial bikin cake dengan filling mousse... deg deg-an bangeeet! Finish product-nya seperti dibawah ini ya..
Kalau buat aku siih..hasilnya masih belum rapi :-(. Tapi alhamdulillah Aimee bilang suka. Next time, i will do better. Thank you  dear Aimee atas repeat ordernya yaa...#hugs.

Dibawah ini aku mau share resep steam sponge cake dan strawberry mousse yaa. 

Sponge Cake (Resep dari : Rindu)
bahan:
4 butir telur 
10 gr emulsifier 
200 gr gula pasir
aduk & ayak:
140 gr terigu (aku pakai 120 gr terigu + 20 gr coklat bubuk) ==> diayak
150 ml minyak
pewarna makanan : merah 3-4 tetes.

cara membuat :
- siapkan 2 loyang ukuran 20cm, alasi dg. kertas roti dan olesi dg. sedikit mentega, sisihkan
- kocok telur, emulsifier, + gula pasir hingga kental (jangan sampai kental berjejak)
- masukkan campuran terigu  ke dalam campuran telur, aduk rata dgn balloon whisk.
- masukkan minyak & pewarna merah lalu aduk rata 
- tuang adonan kedalam 2 loyang, kemudian kukus dgn api sedang 15 menit/sampai matang , lakukan tes tusuk supaya pasti, selama proses mengukus lapisi tutup kukusan dengan kain agar airnya tidak menetes, tapi bila menggunakan klakat tidak perlu diberi alas.

Strawberry Mousse (Resep dari : Ria Helliyanti-Icip2didapur.blogspot.com)
1 cup strawberry cincang*) 1 sdm gula pasir 50 cc air panas 3 lbr gelatin + 25 cc air 250 cc whipcream
Cara membuatnya :
campur strawberry, gula dg air panas, sisihkan rendam gelatin dg air lalu tim. kocok whipcream sampai kaku. masukkan gelatin ke dlm campuran strawberry, aduk rata. lalu campur dengan whipcream kocok, aduk rata. kemudian oleskan diatas cake.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar